2c64dfabd2792ccd5bf8c025f587e2ee 1
2c64dfabd2792ccd5bf8c025f587e2ee 1

Pandemi Covid-19, Pemerintah Penting Terbitkan Perppu Penanganan Darurat Covid-19

Diposting pada 22 views

Pandemi Covid-19, Pemerintah Penting Terbitkan Perppu Penanganan Darurat Covid-19

Oleh: Stanislaus Riyanta*)

Warta Batavia — Pandemi Covid-19  yang tengah dialami secara global memerlukan penanganan yang serius dan luar biasa. Indonesia selaku bagian negara yang terkena Covid-19 Penting melaksanakan tindakan yang luar biasa dikawal dengan sikap tegas dari pemerintahnya.

Perkiraan dari bermacam permodelan yang memperkirakan Covid-19 akan menjangkiti kira-kira 8.000 orang di keadaan puncak pandemi ialah situasi uang cukup ekstrim. Penting langkah-langkah intervensi di bermacam hal ada Perkiraan tersebut dapat turun dan penanganannya lebih maksimum.

Pemerintah sampai waktu ini tidak mengambil pilihan lockdown dalam berhadapan dengan Covid-19. Pilihan pembatasan sosial dinilai cukup selaku usaha menekan penyebaran Covid-19. Akan tetapi pembatasan sosial tersebut  belum maksimum selaku sebuah usaha dalam situasi darurat.

Ketegasan pemerintah diperlukan untuk membubarkan kerumunan warga, acara-acara yang telah dicegah, maupun aktifitas lain yang tidak penting yang dapat mempercepat penyebaran Covid-19. Pertokoan atau perdagangan yang bersifat hiburan dan bukan kebutuhan primer kalau Penting untuk sementara ditutup. Untuk melarang kerumunan massa akan tetapi menyaksikan sifat kebutuhannya maka jasa kuliner dapat dibatasi cuma untuk pembelian yang dibawa pulang.

Pemerintah juga Penting bersikap tegas terkait mudik lebaran. Epicentrum Covid-19 ialah Jakarta, terbukti dari hitungan total dan penambahan orang yang positif Covid-19 tiap hari. Kalau mudik lebaran terjadi, maka penyebaran Covid-19 ke daerah-daerah akan kian masif. Pemerintah mesti mengatur dengan tegas supaya penyebaran Covid-19 ke daerah tidak terjadi.

READ
Bagana-GP Ansor NU Pundong Distribusikan Air Bersih ke Dusun Surotopo

Menyusul peniadaan Ujian Nasional bagi siswa yang tengah menuntut ilmu di tingkat akhir, maka agenda nasional yang berkemungkinan jadi penyebaran Covid-19 juga dapat diperlakukan serupa atau ditunda. Bahkan kalau Penting, pemerintah dapat menunda Pilkada Serentak 2020.

Sikap tegas pemerintah dalam situasi darurat mutlat diperlukan. Warga Penting diatur untuk kepentingan yang lebih besar. Selaku landasan hukum dalam keputusan-keputusan pemerintah waktu menangani pandemi Covid-19 ini maka pemerintah dapat mempublish Perppu Penanganan Pandemi Covid-19.

Kewenangan pemerintah untuk mempublish Perppu dalam situasi darurat dilindungi Undang-Undang. Dengan Perppu Penanganan Pandemi-19 diinginkan pemerintah mempunyai dasar hukum yang kuat untuk memutuskan untuk keamanan warganya.

*) Stanislaus Riyanta, pengamat intelijen

Pandemi Covid-19, Pemerintah Penting Terbitkan Perppu Penanganan Darurat Covid-19

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *