52f5f93c56b921b58603fdd84a2e6605
52f5f93c56b921b58603fdd84a2e6605

Pembelian tidak lagi Dibatasi, Belanja Tetap Mesti Sesuai Kebutuhan

Diposting pada 29 views

Pembelian tidak lagi Dibatasi, Belanja Tetap Mesti Sesuai Kebutuhan

SURAT edaran aturan pembatasan pembelian bahan makanan untuk menghindari panic buying telah dicabut. Stok bahan makanan dipastikan mencukupi. Sekarang, masarakat tetap dapat berbelanja bahan pokok tanpa batasan hitungan total yang dilaksanakan oleh satuan tugas (Satgas) Pangan Polri.

“Maksud Satgas Pangan ini baik untuk melaksanakan kontrol pada pembelian secara berlebih. Tapi, waktu ini tidak ada lagi pembatasan pembelian. Tapi, masarakat tetap wajib beli sesuai yang dibutuhkan dan jangan menumpuk bahan pokok di rumah,” ucap Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Duhanto, Kamis (26/3).

Baca juga: Mulai Hari Ini, Lion Air Setop Sementara Penerbangan ke Papua

Adapun, keputusan untuk menormalkan kembali pembelian bahan pokok tersebut telah melalui koodinasi antara kementerian dan Satgas. Hasilnya stok bahan pokok dianggap cukup. Kecuali itu, masarakat diimbau untuk tidak melaksanakan belanja keterlaluan. Menurut Suhanto, apabila masarakat tertib untuk berbelanja barang sesuai kebutuhan maka stok pangan akan tersalurkan secara merata untuk masarakat.

“Kami melaksanakan koordinasi bahwa stok bahan pokok tersebut ternyata cukup dan masarakat kami imbau untuk tidak panic buying. Maka 2 hari stelah edaran, satgas mencabut edaran pembatasan pembelian bapok tersebut,” ungkapnya.

Adapun, Suhanto mengungkapkan, stok kebutuhan bahan pokok di Indonesia untuk beras mencapai 1,5 juta ton. Ini pun stok yang dikuasai oleh Bulog. Masih ada lagi stok yang dikuasai oleh pedagang, petani, dan masarakat.

READ
Ngaji Gus Baha’: Ini Warisan Istimewa Mbah Hasyim Asy’ari untuk Gus Dur

Sementara itu, Suhanto mencontohkan kebutuhan beras untuk DKI Jakarta normalnya sebesar 945 ribu ton per tahun. Artinya, dengan stok 1,5 juta untuk semua Indonesia waktu ini ditambah planning masa panen akhir Maret dan April ini maka stok beras dipastikan aman.

Baca juga: BPK Serahkan Sepenuhnya Teknis Pengalihan Anggaran ke Pemerintah

“Kebutuhan normal per tahun di DKI itu 945 ribu ton. Dengan stok sekarang, sesuai dengan planning panen bahwa akhir bulan Maret ini telah mulai panen sebagian, April juga. Sehingga kami yakinkan beras cukup,” tegasnya.

Begitupun, untuk komoditi gula, bawang putih, bawang bombay, dan daging kerbau kebutuhannya akan dipenuhi lewat impor. Seluruh komoditi tersebut telah memperoleh izin impor, cuma daging kerbau saja yang masih dalam tahap izin impor. (OL-6)

 




Pembelian tidak lagi Dibatasi, Belanja Tetap Mesti Sesuai Kebutuhan

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *