Kategori
Berita

Pemerintah Launching Rapid Test Kit Buatan Dalam Negeri

Pemerintah Launching Rapid Test Kit Buatan Dalam Negeri

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama-sama kementerian dan lembaga lain meluncurkan rapid test kit buatan dalam negeri, Kamis (9/7/2020). Peluncuran dipimpin Menko PMK, Muhadjir Effendy di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat.

Muhadjir mengapresiasi penemuan ini. Menurut dia rapid test kita Adalah alat yang amat dibutuhkan negara untuk percepatan penanganan covid-19.

“Bagian alat yang amat mendesak dibutuhkan waktu ini yaitu Rapid test kit,” kata Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan waktu ini rapid test tengah naik daun sebab dibutuhkan oleh warga di antaranya untuk kebutuhan bepergian antarwilayah. Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto pun mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait batas tertinggi harga servis rapid test ialah Rp150.000.

Eks mendikbud ini menginginkan rapid test buatan dalam negeri yang bernama RI-GHA Covid-19 Rapid Diagnostic Test IgG/IgM yang diinisiasi oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset Bambang PS Brodjonegoro dapat dijual dengan harga murah. Lalu produksinya dapat memenuhi kebutuhan warga di masa pandemi covid-19.

“Sebab itu dalam Peluang ini saya menyambut baik inisiatif dari Pak Menristek yang amat agresif dan full antusias merespons kebutuhan lapangan yang amat mendesak. Saya percaya produk dalam negeri ini lebih murah dan sanggup bersaing,” katanya.

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset, Bambang PS Brodjonegoro menjelaskan, rapid test Adalah bagian unsur penting dalam menangani covid-19. Bambang Menegaskan, dengan adanya RI-GHA Covid-19 Rapid Diagnostic Test IgG/IgM ini tidak lagi membikin pemerintah tidak Penting mengimpor rapid test dari luar negeri.

“Di awal kita tahu seluruh alat rapid test wajib diimpor rapid test dalam hitungan total besar. Impor dalam hitungan total besar itu terus jelas mengganggu perasaan kami khususnya juga pandangan kami di Kemenristek bahwa yang namanya Rapid test itu tentunya suatu teknologi yang bukan tidak mungkin kita kuasai,” ucap Bambang. [inews.id]

var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];

if (d.getElementById(id)) return;

js = d.createElement(s); js.id = id;

js.src = "https://connect.facebook.net/id_ID/sdk.js#xfbml=1&version=v2.8";

fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);

}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
Pemerintah Launching Rapid Test Kit Buatan Dalam Negeri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *