Pemerintah Siapkan Bantuan Rp 1,2 Juta buat Pedagang Kaki Lima hingga Warteg

Pemerintah Siapkan Bantuan Rp 12 Juta buat Pedagang Kaki Lima Pemerintah Siapkan Bantuan Rp 1,2 Juta buat Pedagang Kaki Lima hingga Warteg

Pemerintah menyiapkan bantuan Rp 1,2 juta untuk pelaku usaha mikro super, seperti warteg hingga pedagang kaki lima (PKL)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bantuan ini sama dengan BLT UMKM alias BPUM. Bantuan akan diberikan kepada 1 juta pelaku ekonomi.

“Pemerintah telah menyiapkan insentif bagi usaha mikro sebesar Rp 1,2 juta. Ini setara dengan bantuan BPUM 3 juta (pelaku wirausaha) di mana Rp 1,2 juta untuk 1 juta usaha mikro dan kecil, termasuk yang warungnya, warteg, PKL,” kata Airlangga saat konferensi pers, Rabu (21/7/2021).

Airlangga mengatakan bantuan tersebut merupakan tindak lanjut dari penguatan akibat varian Delta yang telah diterapkan pemerintah.

Untuk diketahui, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 55,21 triliun yang meliputi kartu sembako, 10 kilogram beras Bulog, diskon tarif listrik, kuota internet gratis, dan kartu prakerja.

Program ini siap diterapkan di wilayah PPKM level 4, level 4 menggantikan istilah darurat (dalam kalimat PPKM Darurat), berlaku di 122 kabupaten/kota (di pulau Jawa-Bali) dan 15 kabupaten/kota luar Jawa-Bali, sebut saja.

Sementara itu, pihaknya saat ini sedang menyusun mekanisme penyaluran bantuan senilai Rp 1,2 juta tersebut. Implementasinya diharapkan dapat tersalurkan melalui koordinasi TNI/Polri.

Mekanisme lebih lanjut akan diatur melalui petunjuk teknis umum, dengan bantuan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan BPKP.

Pelaku usaha super mikro ini akan didaftarkan oleh Babinsa/Babinkamtibmas. Pelaku korporasi wajib melampirkan data izin korporasi, lokasi korporasi, dan NIK.

“(Mengirim) bantuan lebih sederhana, berupa kuitansi penerima bantuan, warung, pedagang kaki lima, disertai dengan dokumentasi foto yang layak. Dan data NIK ini mendapatkan data clean or clean melalui BPKP. sejalan dengan data Kementerian Dalam Negeri. Urusan,” jelas Airlangga. [kompas.com]
BACA JUGA :   Jokowi: Penggunaan Iptek dan Dukungan Negara Lain Penting untuk Atasi Covid-1


Pemerintah Siapkan Bantuan Rp 1,2 Juta buat Pedagang Kaki Lima hingga Warteg

Recommended For You

About the Author: Hendro Purwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *