Pemilik Akun Media Sosial yang Diretas Tidak Sadar Telah Lama Dibidik

alexametrics

Pemilik Akun Media Sosial yang Diretas Tidak Sadar Telah Lama Dibidik

loading…

JAKARTA – Pengamat teknologi dari Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi, menilai, akun media sosial (medsos) yang diretas telah ditarget lama. Bahkan akun itu sebetulnya telah dicuri beberapa bulan sebelumnya, tapi sang pemilik tidak menyadarinya.

“Dapat jadi ini tidak serta merta, tapi telah dibidik atau dicuri beberapa bulan lalu tapi tidak sadar (pemiliknya),” ungkapnya ke SINDOnews, Kamis (18/4/2019).

Hal ini disampaikannya merespon banyaknya peretasan yang terjadi pada beberapa akun media sosial milik ulama dan figur publik akhir-akhir ini. Masalah penyebab diretasnya akun tersebut, kata Heru, banyak faktor seperti kesadaraan keamanan akun seperti pemanfaatan password yang tidak kuat.

“Banyak faktor. Dapat sungguh hacker-nya hebat, dapat juga sebab kesadaran keamanan akan akun dengan password yang tidak kuat dan lantas dipancing dengan email phising ke link tertentu yang lantas password dicuri,” ungkap Heru Sutadi. (Baca juga: Ini Beberapa Akun Figur publik yang Dibajak Menjelang Pencoblosan)

“Dapat juga dengan cara coba pakai ponsel lain dan seakan kita kehilangan password atau pin dan dikirim ke nomor asli. Lalu di nomor asli di telepon dan mengklaim salah masukan informasi dan meminta passcode yang dikirimkan,” sebutnya.

Belakangan banyak beredar berita beberapa akun nomor WhatsApp, medsos dari sejumlah figur publik mengalami peretasan dan dibajak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kejadian ini terjadi beberapa hari menjelang pencoblosan Pemilihan Umum 2019.

Menyebut saja akun WA atau medsos yang dipunyai oleh Ustaz Abdul Somad (UAS), eks Sekretaris Kementerian BUMN M Said Didu, Komaruddin Hidayat, dan politikus Partai Gerindra Fadli Zon.

(mim)

by Ahmad Fawas

You might like

About the Author: Ahmad Fawas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *