Penghijauan, KBRI Addis Ababa Tanam 70 Pohon

breaking news 67

Penghijauan, KBRI Addis Ababa Tanam 70 Pohon

loading…

ADDIS ABABA – Indonesia dan Ethiopia ialah 2 negara sahabat yang mempunyai perhatian dan tekad bulat yang tinggi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup melalui aktifitas penghijauan, diantaranya dengan memotivasi masarakat menanam pohon secara massif.

Presiden Indonesia, Jokowi, menghimbau masarakat agar aktif menaikkan kualitas lingkungan hidup dan menjaga kelestarian hutan secara terus menerus. Sementara Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed, baru-baru ini mencanangkan penanaman 4 miliar pohon di Ethiopia selama musim hujan, Juni-September tahun sekarang.

Hal itu dikatakan Duta Besar Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, waktu membuka acara penanaman bersama-sama 70 pohon di kisaran gedung dan taman hutan KBRI Addis Ababa, Sabtu (20/7/2019). Acara yang diinisiasi oleh KBRI Addis Ababa itu dihadiri kisaran 80 orang, di antaranya pejabat pemerintah, akademisi, Pebisnis, figur publik publik, seniman dan profesional lain Ethiopia.

“Penghijauan dan menanam pohon amat penting bagi kelangsungan hidup anak dan cucu kita. Banyak hutan yang rusak atau mati, dan itu wajib kita ganti dengan pohon yang baru. Marilah kita menghijaukan dunia dari Ethiopia, menghijaukan Ethiopia dari Addis Ababa dan menghijaukan Addis Ababa dari taman hutan KBRI Addis Ababa yang telah rindang ini dengan bersama-sama kita menanam pohon,” ucap Basnur seperti dalam pernyataan yang diterima Sindonews, Minggu (21/7/2019).

Baca Artikel Lainnya:  Hulu Ledak Rudal AS untuk Lawan Ancaman Korut Bermasalah

Lebih detail Basnur menjelaskan bahwa acara tanam pohon bersama-sama itu juga dimaksudkan untuk menyokong program pemerintah Ethiopia yaitu menanam 4 miliar pohon pada musim hujan tahun sekarang yang jatuh pada bulan Juni sampai September. Penanaman pohon itu juga untuk menaikkan kesadaran masarakat dunia untuk menanam pohon sebanyak mungkin dan mempererat persahabatan bangsa Indonesia dengan bangsa Ethiopia.

Sementara itu Dirjen Asia dan Oceania Kementerian Luar Negeri Ethiopia, Getachew Mekebo dalam sambutannya menjelaskan, Kedutaan Besar Indonesia di Addis Ababa ialah kedutaan asing ke-1 di Ethiopia yang menginisiasi gerakan tanam pohon bersama-sama.

“Ini ialah sebuah bentuk sokongan Indonesia yang luar biasa kepada pemerintah Ethiopia dalam program gerakan tanam 4 miliar pohon selama musim hujan tahun sekarang. Pemerintah Ethiopia amat menghargai aktifitas Kedutaan Besar Indonesia di Addis Ababa dan mengharapkan jadi contoh bagi kedutaan besar negara lain di Addis Ababa,” ucap Getachew.

Pejabat pemerintah Ethiopia yang menanam pohon di KBRI Addis Ababa diantaranya ialah Direktur Jend. Multilateral Kementerian Luar Negeri Ethiopia; Direktur Jend. Asia dan Oceania Kementerian Luar Negeri Ethiopia; Direktur Kerja Sama Kementerian Pemuda Ethiopia; Komisioner Kehutanan dan Lingkungan Hidup Ethiopia; Komisioner Kerja Sama Perdagangan Ethiopia, serta pihak Kepolisian setempat.

Baca Artikel Lainnya:  Turki Tolak Permintaan AS untuk Menunda Pembelian S-400

Kecuali itu, sejumlah Pebisnis Ethiopia, NGO, pimpinan lebih dari 15 organisasi millennial, figur publik masarakat Indonesia di Ethiopia dan KBRI Addis Ababa juga ikut menanam pohon, termasuk Duta Besar Al Busyra Basnur dan isteri Wenny Busyra serta staf KBRI Addis Ababa. Publik figur masarakat Indonesia di Ethiopia yang juga menanam pohon diantaranya Deputi General Manager PT Indofood Ethiopia Adrianto Yuliar Salam, General Manager Peace Success Industry Plc sister company PT Sinar Antjol Taryat Suratman, Edo Mahendra dari UNECA, dan Indriyati Rodjan dari UNESCO.

Acara tanam pohon di KBRI Addis Abba yang diselenggaraan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Duta Besar Al Busyra Basnur itu, dimeriahkan pula oleh pertunjukan grup band yang pemainnya ialah eks anak jalanan Ethiopia yang sekarang sudah berhasil, CEO Inspired Ethiopia Youth Association termasuk Liyuneh Tamirat.

(ian)

Source by Agus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *