Kategori
Berita

Pergerakan Penumpang di Bandara YIA Naik 21,43 %

Penumpang pesawat dari dan ke wilayah Pulau Jawa-Bali wajib mempertunjukkan kartu vaksin

REPUBLIKA.CO.ID, KULONPROGO–Pergerakan penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai merangkak naik 21,43 % seiring turunnya standing Pemberlakuan Pembatasan Aktifitas Masarakat di Jawa-Bali.


Pelaksana Tugas Common Supervisor PT Angakasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Senin (25/10), menjelaskan pada Ahad (24/10), pergerakan penumpang dan penerbangan sebanyak 5.168 pax dengan rincian keberangkatan 3.168 pax dan kehadiran 2.573 pax, sedangkan pergerakan penumpang keberangkatan pada Sabtu (23/10) sebanyak 2.609 pax.”Apabila dibandingkan dengan pergerakan penumpang berangkat pada Minggu (24/10) sebanyak 3.168 pax, maka mengalami kenaikan 559 pax atau 21,43 %. Kami menginginkan keadaan pergerakan penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta makin positif,” kata Agus Pandu.


Ia menjelaskan knowledge penumpang yang melaksanakan refund atau reschedule penerbangan sebab dokumen kesehatan tidak patut terbang sebab tidak melaksanakan usap PCR untuk maskapai Lion Air sebanyak 28 pax, Sriwijaya nol, Citilink tujuh pax, Garuda 3 pax, dan Batik Air nol.Persyaratan untuk penerbangan sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 88 Tahun 2021 soal Petunjuk penyelenggaraan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.


Dalam SE teranyar Kemenhub ini, penumpang pesawat dari dan ke wilayah Pulau Jawa-Bali wajib mempertunjukkan kartu vaksin dengan minimal dosis ke-1 beserta hasil tes buruk COVID-19 dengan metode PCR yang sampelnya diambil 2×34 jam sebelum keberangkatan.Sementara itu, untuk perjalanan pesawat di luar wilayah Jawa-Bali dengan kategori daerah PPKM degree 1 dan 2 diharuskan mempertunjukkan hasil tes PCR atau speedy check antigen yang diambil 2×24 jam untuk PCR dan 1×24 jam untuk speedy check antigen.

BACA JUGA :   Banjir Cipinang Melayu Surut, Pengungsi Kembali ke Rumah


Kecuali itu, untuk penumpang dengan usia di bawah 12 tahun wajib menunjukan kartu vaksin dan wajib memenuhi persyaratan tes COVID-19 yang berlaku pada masing-masing wilayah.”Kami akan mensosialisasikan ini, supaa penumpang lebih siap dengan membawa persyaratanyang ditetapkan dalam penerbangan,” katanya.


Agus Pandu menjelaskan jam operasional Bandara Internasional Yogyakarta mulai 09.00 WIB, penumpang mulai masuk tempat pemeriksaan PeduliLindungi mulai 05.30 WIB.”Penumpang wajib telah Hadir 2 jam sebelum keberangkatan,” katanya.


 

sumber : antara

Republika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *