PPLN Berlin Gelar Perhitungan Surat Suara

alexametrics

PPLN Berlin Gelar Perhitungan Surat Suara

loading…

BERLIN – PPLN dan KPPSLN Berlin, Jerman sudah menggelar perhitungan surat suara pemilihan umum 2019. Perhitungan surat suara itu berlangsung kemarin di aula Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Berlin.

Kota surat suara dibawa ke aula KBRI Berlin kemarin pagi, sesudah sebelumnya disimpan di ruang penitipan bagian perusahaan di Jerman. Sebelum penghitungan surat suara diawali, pas pukul 08.15 waktu setempat PPLN dan KPPSLN Mempublikasikan penutupan legal penerimaan surat suara melalui pos.

“Dengan seperti ini seluruh surat suara telah masuk. Dari penghitungan yang kami lakukan, total hitungan total surat suara yang diterima ialah sebanyak 1.853 terdiri dari 1257 surat suara melalui TPS dan 596 dikumpulkan melalui jasa pos,” ujar Ellizabeth, member PPLN Berlin yang bertindak sebagai penanggung jawab penghitungan suara, seperti dilansir Sindonews dari siaran pers KBRI Berlin pada Kamis (18/4).

Penghitungan ditunaikan dalam 4 kubu berdasar metode pengumpulan surat suara, yaitu 3 melalui TPS dan 1 melalui pos. Penghitungan ditunaikan oleh KPPSLN, dan PPLN dengan disaksikan para saksi. Warga Indonesia di kisaran Berlin pun tidak ingin ketinggalan melihat proses penghitungan surat suara.

Untuk memperluas jangkauan liputan proses penghitungan surat suara, PPLN juga mempersiapkan siaran langsung melalui Facebook. Hal ini sebab sungguh kemampuan tampung Aula KBRI Berlin amat terbatas. Dengan meminimalisir hitungan total orang yang Hadir melihat langsung di Aula, diinginkan prose penghitungan surat suara dapat lebih tertib dan lancar.

“Ini di luar Sangkaan kita. Kita sebelumnya membayangkan akan banyak perdebatan mengenai hal sah atau tidaknya surat suara. Tetapi, hal itu tidak terjadi, seluruh berjalan amat lancar dan nyaris tidak ada halangan. Dalam waktu kurang dari 3 jam kita telah dapat menghitung surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, Alhamdulillah“, tegas Roni Soesman, ketua PPLN Berlin.

Komentar serupa dilontarkan Hermin, saksi dari Partai Gerindra. “Semuanya teroganisir dengan baik. Mulai dari pemilihan sampai penghtungan suara hari ini. Seluruh petugasnya bekerja dengan baik dan maksimum. Boleh dibilang tidak ada halangan yang signifikan. Saya amat apresiasi semuanya, ucap Hermin.

Dari total surat suara TPS dan pos sejumlah 1853, untuk pemilihan presiden dan wakil presiden tercatat 1384 suara untuk Paslon 01 atau 76,34, 429 suara untuk Paslon 02 atau 23,66 dan 40 suara tidak sah. Sementara untuk Pileg , 5 Partai yang meraih surat suara terbanyak ialah PSI, PDIP, PKS, Nasdem, dan Gerindra.

“Hari ini ialah kebahagiaan besar buat kami. Sampai di ujung proses ini kita dapat lakukan dengan baik, aman dan lancar. Nyaris tidak ada problem. Ini tentunya tidak lepas dari sokongan dan sokongan seluruh pihak, khususnya masarakat Indonesia, PPLN KPPSLN, saksi dan pihak KBRI Berlin. Kita suka di akhir-akhir sesudah penghitungan kita sempat nyanyi bareng, diiringi music life. Rasanya semboyan yang kami gaungkan selama ini terwujud. Bagi kami Pemilihan Umum di Berlin ialah Pemilihan Umum Bahagia,” tutup Roni.

(esn)

Source by Agus

You might like

About the Author: Agus Mulyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *