Presiden Erdogan Mengklaim Terinspirasi Keberhasilan Bu Risma di Surabaya

Warta Batavia – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini jadi tamu kehormatan International Forum of Women in Local Government di Ankara, Turki. Aktifitas tersebut diadakan oleh sayap wanita Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP), partai politik yang dipimpin oleh Presiden Recep Tayyib Erdogan.

“Naluri kita (wanita) yang kuat untuk menolong orang lain, memperhatikan hal-hal detail, dan untuk lebih banyak menguping membikin kita sanggup memimpin dengan hati, membikin kita memutuskan yang berbasis kebutuhan nyata rakyat dan membikin keputusan yang pas waktu dibutuhkan. Atau dalam kata lain kita sanggup memimpin dengan full perhatian,” ucap Risma dalam pidatonya selama kira-kira 15 menit di depan Presiden Erdogan dan kisaran 3 ribu wanita yang datang, seperti disampaikan dalam Penjelasan tertulis KBRI Ankara, Jumat (13/12).

Kecuali menyampaikan pidato dalam sesi Inti, pada Peluang tersebut Risma juga menyetujui kerja sama sister city antara Kota Surabaya dengan Kota Gaziantep, bagian kota industri Inti di Turki yang juga dipimpin oleh seorang wali kota wanita. Penandatanganan kerja sama tersebut dilaksanakan langsung di depan Presiden Erdogan.

“Para pemimpin politik di Turki meminta sokongan saya menghadirkan Bu Risma. Sebuah kebanggaan kalau wanita Indonesia dapat jadi inspirasi dan model bagi kaum wanita di negara lain”, kata Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal.

Forum ini diadakan selaku bagian dari usaha Presiden Erdogan untuk mengarusutamakan peran wanita di bermacam bagian, termasuk dalam politik.

READ
Kenang Arminsyah, Erick Thohir: Beliau Sosok yang Baik

Edisi ke-6 forum internasional wanita itu dihadiri oleh para figur publik wanita dari kisaran 20 negara. Risma diundang selaku tamu kehormatan sebab dipandang sukses selaku wali kota dan sukses jadi inspirasi bagi banyak wanita, termasuk di Turki.

“Wanita-perempuan inspiratif seperti Risma dari Surabaya, Indonesia, menambah keyakinan kita bahwa wanita mesti dilibatkan dan diajak bicara dalam proses pembangunan,” kata Presiden Erdogan dalam pidato sambutannya.

Waktu ini dari 600 member parlemen Turki, cuma 103 orang wanita. Dari 1.389 wali kota, cuma kisaran 3 % wali kota wanita.

Pada masa kepemimpinan Presiden Erdogan terjadi peningkatan signifikan hitungan total wanita yang aktif di ranah publik, walaupun disadari jumlahnya masih masih jauh dari harapan.

Sumber: jpnn.com

Source link | internal link

loading...

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *