Relasi Laki-laki dan Wanita di Arab Saudi Sudah Berganti

Relasi Laki-laki dan Wanita di Arab Saudi Sudah Berganti

Perjalanan MRT sungguh berlebihan singkat. Kemarin, saya cuma dapat membaca endorsement, bagian awal dan 2 judul dalam kumpulan cerita para Ladies Ceria ini. Salah satunya pasti tulisan Bu Enung Mubarok yang dengan suka hati menyampaikan buku ini ke kantor.

Ada banyak cerita yang saya percaya tidak akan diceritakan oleh Habib Rizieq. Buku ini berisi kumpulan cerita “geng” emak-emak Indonesia yang tinggal di Arab Saudi, mengenai hal sekolah anak kecil, mengenai hal harga-harga barang di mal dan argumentasi klasik mengapa kaum ibu suka berbelanja, mengenai hal gaya rambut salon, mengenai hal pesta Arab larut malam, mengenai hal apa yang ada dalam pikiran para istri orang Arab, mengenai hal anggapan orang Arab kepada orang Indonesia, dan masih banyak lagi.

Negeri Petrodolar ini sungguh unik. Mereka, kaum muslimin ini hidup dalam modernitas dan tradisionalitas sekaligus. Yang modern berhubungan dengan urusan bisnis, hotel, teknologi dan Sarana. Yang tradisional ini berhubungan dengan pola relasi pemerintah-rakyat dan tentu yang tengah kita bicarakan ini terkait dengan bermacam ketentuan Islam (lebih tepatnya adat Arab) terkait urusan wanita. Nasihat-nasihat Islam sungguh lebih sering ditujukan untuk kaum laki-laki, tapi Soal wanita. Rumit bukan?

Syahdan, relasi laki-laki dan wanita di Arab Saudi perlahan sudah berubah. Hal yang remeh, wanita telah boleh menyetir. Sedikit orang Indonesia yang berangkat haji atau umroh tahu apa yang diketahui oleh emak-emak penulis buku ini. Waktu perempuan-perempuan Indonesia ingin seperti wanita Saudi, emak-emak ini tahu pada waktu wanita Saudi itu berkumpul, sesungguhnya mereka mengidolakan wanita negara mana 🙂

READ
Dampak Corona, Hitungan total Penumpang Kereta Api Merosot sampai 90 %

Penulis: A Khoirul Anam, guru besar UNUSIA Jakarta.


Relasi Laki-laki dan Wanita di Arab Saudi Sudah Berganti

loading...

Recommended For You

About the Author: Asep Komarudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *