apem-ceylon
Apem Ceylon

Resep Kue Apem Ceylon

Diposting pada 38 views

Satu lagi olahan apem yang mungkin masih awan bagi sebagian orang. Bernama apem selong atau apem ceylon ini Adalah bagian jajanan jaman dahulu yang masih eksis sampai sekarang.

Apem selong ini sesungguhnya Adalah olahan kue serabi yang terbuat dari tepung dan santan yang konon berasal dari inggris. Dengan ini muncul lah sebutan serabi inggris serta apem ingris.

Apem ceylon atau Apem selong mempunyai performance seperti kue serabi Jawa, Serabi Bandung dan Serabi Solo

Untuk apem selong ini mempunyai performance seperti kue serabi Jawa, Serabi Bandung dan Serabi Solo. Yaitu sama-sama mempunyai bentuk bulat yang sedikit cekung.

Cuma saja menurutku kalau di lihat dari kejauhan apem selong ini nyaris 100% mirip dengan performance serabi solo. Yaitu kue serabi dengan pinggirannya yang crispy dan renyah dengan kelir cokelat yang menyerupai serat kayu.

Dahulu apem selong ini mempunyai rasa klasik dengan mempertahankan rasa gurih dari santan kentalnya. Akan tetapi sekarang apem selong dapat di kreasikan dengan topping pilihan sesuai selera.

Dari potongan buah nangka, duren, keju, meises coklat dan warna-warni, selai blueberry, strowberry, kacang dan pisang. Saat ini apem selong modern pun mempunyai performance yang lebih fress dan menarik untuk cepat di cicipi.

Cara membikin apem selong a.k.a apem inggris ini sesungguhnya cukup mudah dan praktis. Namun sayangnya banyak orang yang gagal membuatnya sebab hasil adonannya yang bantat dan tidak berserat.

ARTIKEL LAINNYA :
Tumis Jamur Bakso Singapura

Mungkin itu terjadi dari komposisi adonan yang kurang pas sehingga adonan tidak halus dan berserat. Dengan ini kami ResepAsik.com akan membagikan bagian kreasi resep apem selong atau serabi inggris yang wajib dicoba.

Sebab hasil akhir dari apem selong ini amat enak, halus dan nyerat sekali. Nah, dari pada susah payah mencari penjual apem selong yang sekarang sulit di cari, mending buat sendiri di rumah yuk!

Cara membikin apem ceylon atau apem selong

Cara membikin apem selong yang mudah serta pemanfaatan bahan-bahan yang terjangkau dimana-mana akan mempermudah anda untuk membuatnya sendiri dirumah. Kecuali dapat berkreasi rasa di topping, dengan membuatnya sendiri anda dapat mengkreasikan pula kelir apem ini, dari kelir merah, hijau, kuning dll

Bahan :

500

gram

Tepung beras

50

gram

Tepung tapioka

20

gram

Ragi instan

700

ml

Santan matang

400

gram

Gula pasir

400

ml

Air kelapa

4

butir

Telur

½

sdt

Vanili

1

sdt

Garam

200

gram

Nangka / Durian / Muisjes / Keju

Cara Membikin:

  1. Campur seluruh bahan, kecuali telur, aduk rata
    sampai tidak menggumpal.
  2. Kocok telur, masukkan ke dalam adonan tepung.
    Diamkan selama 1 jam.
  3. Panaskan wajan, oles dengan sedikit margarin.
  4.  Ambil 1 sendok sayur adonan, tuangkan ke
    dalam wajan, tekan dengan sendok tadi sampai terbentuk kembangan atau renda di
    sekitarnya.
  5. Tambahkan sedikit adonan agar tengahnya
    menggelembung, lalu beri potongan nangka dan tutup.
  6. Panggang sampai matang. Angkat, sajikan.

~  Selamat Mencoba  ~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *