resep rawon buntut dan tumis tauge yang lezat
Resep Rawon Buntut Dan Tumis Tauge Yang Lezat

Resep Rawon Buntut dan Tumis Tauge yang Lezat

Diposting pada
Views: 214
Read Time:2 Minute, 21 Second
Buntut sapi yang diolah dengan bumbu rawon rasanya makin gurih mantap. Ditambah tumis tauge yang segar dan renyah buat santapan makin menggoda selera.Kecuali dibuat sup, buntut sapi juga enak diolah dengan bumbu rawon. Bumbu yang pekat gurih dan daging buntut yang empuk buat sajian ini makin mantap disantap waktu udara dingin.

Tumisan Adalah cara mengolah sayuran paling praktis dan cepat. Tauge segar dan daun bawang dapat diolah jadi tumisan yang enak selaku pelengkap lauk yang dapat disiapkan dalam beberapa menit.

Perkedel kentang tidak pernah membosankan disantap hangat. Dibuat dari kentang yang dicampur kornet dan telur lalu digoreng kering. Mau dibentuk besar seperti perkedel Padang atau bulat pipig seperti perkedel Jawa sama enaknya.

Resep-resep istimewa pilihan detikfood ini dapat jadi pilihan untuk menu harian. Mau yang istimewa berkuah atau tumisan yang praktis. Mana yang menarik selera?

Foto: Ari Saputra/detikcom

1. Rawon Buntut

Buntut sapi lokal yang berlemak tipis atau buntut sapi impor yang tebal lemaknya dapat jadi pilihan. Agar tidak berlebihan berminyak, kikis lemak di kisaran buntut yang keterlaluan. Minta tolong tukang daging untuk memotong buntut melintang 2 cm.

Sebelum dibumbui, didihkan air lalu masukkan buntut sapi. Masak sebentar lalu angkat buntut sapi dan buang airnya. Didihkan air kembali dan rebus buntut sapi nyaris lunak lalu masukkan bumbunya. Gunakan api kecil sampai bumbu rawon meresap.

READ  10 Makanan Khas Jawa Timur yang Unik, Pernah Coba?

Pastikan bumbu rawon telah ditumis sampai matang. Aduk sampai berbutir halus baru dan harum, masukkan ke dalam rebusan buntut sapi. Jangan lupa sajikan sup buntut dengan bawang merah goreng dan tauge pendek segar. Ikuti tahapan-tahapan berikut ini untuk membikin rawon buntut yang sedap.

Foto: detikfood

2. Tumis Tauge Renyah

Tampak sepele, tumisan tauge ini sungguh mudah dibuat. Tetapi sebaiknya pilih tauge yang segar dan besar. Petiki ujung tauge agar tauge lebih bersih. Kalau ada pilih tauge mayashi yang gendut dan besar.

Agar tidak lonyot, jangan mencuci tauge sebelum ditumis. Waktu ditumis, jangan menambahkan air. Tauge mengandung banyak air sehingga kalau terkena panas akan mengeluarkan air. Bumbu yang ditambahkan mengandung garam dan akan merangsang air keluar.

Gunakan api besar dan tumis cepat sampai tauge dan daun bawang layu. Angkat cepat agar tidak berlebihan lunak dan berair. Sebaiknya santap selagi masih hangat sampai terasa renyahnya. Cara membuatnya dapat dilihat di resep ini.

Foto: Getty Images

3. Perkedel Kentang

Kentang lumat yang dicampur dengan telur dan kornet atau daging cincang ini jadi favorit banyak orang. Pilih kentang yang tua umbinya agar perkedel dapat padat dan tidak berantakan waktu digoreng.

Agar tidak berlebihan banyak mengandung air, sebaiknya potong-potong dan goreng kentang sampai matang. Haluskan kentang selagi panas lalu campur dengan bumbu sampai tercampur rata dan mudah dibentuk.

READ  Resep Masakan: Peyek Jangkrik

Untuk paduannya dapat dicampur daging sapi cincang, daun bawang iris halus atau daun seledri dicincang halus. Bentuk bulat pipih atau bulat panjang dan goreng sampai kuning keemasan. Cara membikin perkedel yang enak dapat dilihat di resep ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *