Saudi Desak Iran Ubah Keputusan strategi di Wilayah

Breaking Ews Red 3

Saudi Desak Iran Ubah Keputusan strategi di Wilayah

RIYADH – Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir menyerukan Iran untuk merubah kebijakannya, khususnya keputusan strategi di wilayah. Pernyataan ini datang di tengah meningkatnya ketegangan antara Saudi dan Iran.

Jubeir, dalam sebuah wawancara dengan media setempat mengumumkan, kalau Iran tak merubah kebijakannya, maka negara itu akan hancur dengan sendirinya akibat sanksi yang datang bertubi-tubi dari dunia internasional.

“Keputusan strategi Teheran ditetapkan oleh rezim Iran, yang mesti menyadari bahwa isolasi dan tekanan pada (Iran) akan terus meningkat. Ada tekad untuk membikin Iran merubah kebijakannya yang bermusuhan,” ujar Jubeir dalam wawancara tersebut, seperti dikutip Anadolu Agency pada Minggu (15/7).

Sebagaimana dimaklumi, Saudi mengambil keputusan hubungan diplomatik dengan Iran pada tahun 2016 sesudah misi diplomatiknya di Teheran dan Masyhad diserang oleh demonstran Iran, menyusul eksekusi seorang imam Syiah yang terkenal oleh pemerintah Saudi.

Arab Saudi dan beberapa sekutu Arab menuding Teheran mengganggu urusan domestik mereka, tudingan yang disanggah keras oleh Iran. Riyadh juga menuding Iran mempersenjatai pemberontak Houthi di Yaman, yang menguasai sebagian besar negara, termasuk ibukota Sanaa, pada tahun 2014.

(esn)

Source by Agus

You might like

About the Author: Agus Mulyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *