Sidang Isbat Penetapan Hari Raya Idul Fitri Dihelat Petang Nanti

Sidang Isbat Penetapan Hari Raya Idul Fitri Dihelat Petang Nanti

Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal 1441 H atau Hari Raya Idul Fitri 2020. Sidang isbat akan Dilakukan pada Jumat (22/5/2020) petang nanti.

dikutip dari Antara, sidang isbat penentuan Hari Raya Idul Fitri ini akan dihelat dengan membatasi hitungan total hadirin dalam rangka menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona Covid-19.

Menteri Agama Fachrul Razi Direncanakan akan memimpin langsung sidang isbat. Ada 3 sesi sidang isbat yang diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 H oleh member tim Falakiyah kementrian agama Cecep Nurwendaya sebelum Magrib.

seusai Magrib, sidang isbat dibuka Menag Fachrul dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di semua Indonesia.

Sesi terakhir, pengumuman hasil sidang isbat yang dirilis Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI selaku TV Pool dan live streaming media sosial kementrian agama.

Hasil sidang isbat akan mengambil keputusan kalau bulan baru atau hilal kelihatan 2 derajat di atas ufuk dengan mata telanjang maka Lebaran akan jatuh pada Sabtu (23/5/2020) atau puasa berlangsung selama 29 hari.

Sementara kalau hilal tidak tampak, maka bulan puasa tahun sekarang disempurnakan (istikmal) jadi 30 hari atau dengan kata lain Idul Fitri jatuh pada Minggu (24/5/2020).

READ
Angkatan Udara AS Mata-matai Angkatan bersenjata Iran di Anbar dan Babel

Hisab dan Pemantauan Hilal

Adapun titik pengamatan hilal oleh tim kementrian agama dikerjakan di bermacam titik di Indonesia. Dalam menentukan titik munculnya hilal dibantu dengan perhitungan astronomi (hisab).

Sementara untuk mengonfirmasinya dikerjakan dengan menyaksikan wujud hilal dengan metode rukyat dipadukan alat teropong.[liputan6.com]


Sidang Isbat Penetapan Hari Raya Idul Fitri Dihelat Petang Nanti

loading...

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *