Kategori
Berita

Tanggapi Sikap AS terhadap Ansarullah Yaman, Menlu Iran Sebut Rezim Trump Anti-Kemanusiaan

Tanggapi Sikap AS terhadap Ansarullah Yaman, Menlu Iran Sebut Rezim Trump Anti-Kemanusiaan

Menlu Iran, M. Javad Zarif. Sumber: Presstv

Teheran, Warta Batavia –  Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengecam tindakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pejabat pemerintahannya dengan menyebutnya tak manusiawi dan menistakan perdamaian.

“Kerusakan yang telah dilakukan rezim Trump terhadap umat manusia tidak cukup bagi para ekstremisnya,” ungkap Zarif di halaman Twitter-nya, Jumat (15/1), dalam mengomentari sikap Gedung Putih terhadap gerakan Ansarullah (Houthi) di Yaman.

“Pada hari-hari terakhirnya yang memalukan, mereka menunjuk Houthi untuk memperparah mimpi buruk kemanusiaan, dan kebohongan hangat terhadap Iran oleh Pompeo memperlihatkan penghinaan terhadap perdamaian,”lanjutnya.

Dia juga mencuit, “Planet ini akan lebih baik tanpa mereka.”

Awal pekan ini, AS menjatuhkan sanksi terhadap Ansarullah dan beberapa pejabat terkemukanya, sebagai kelanjutan dari sikap “hawkish” rezim Washington terhadap bangsa-bangsa lain.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo telah mengumumkan bahwa keputusan AS menetapkan Ansarullah Yaman sebagai organisasi teroris mulai berlaku pada 19 Januari, satu hari sebelum pelantikan Presiden terpilih Joe Biden, padahal para pembantu Biden berharap dapat meningkatkan dorongan baru untuk mengakhiri perang Yaman.

Berbagai pihak internasional, termasuk Komite Palang Merah Internasional (ICRC), menyatakan bahwa keputusan ini akan berdampak buruk pada situasi kemanusiaan di negara yang dilanda perang enam tahun itu.

ICRC menilai bahwa langkah AS tersebut berpotensi menimbulkan “dampak mengerikan” terhadap pengiriman bantuan penting bagi warga sipil yang sakit dan kelaparan.

Direktur operasional ICRC, Dominik Stillhart, Kamis (14/1), menyatakan pihaknya mendesak negara yang menerapkan langkah demikian agar mempertimbangkan “aksi kemanusiaan” guna mencegah setiap dampak negatif terhadap penduduk dan bantuan yang tak memihak. (mm/mna/reuters)

Baca juga:

Pejabat PBB akan Minta AS Batalkan Terorisasi Ansarullah Yaman

PBB Sebut Terorisasi Ansarullah Yaman Memiliki Dampak Berbahaya

UE Sebut Terorisasi Ansarullah Persulitkan Upaya Perdamaian di Yaman


Tanggapi Sikap AS terhadap Ansarullah Yaman, Menlu Iran Sebut Rezim Trump Anti-Kemanusiaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *