uin maulana malik ibrahim maliki malang membuat kotak kavi kabut anti virus 300x168
uin maulana malik ibrahim maliki malang membuat kotak kavi kabut anti virus 300x168

Tangkal Covid-19, UIN Malang Buat Produk Kabut Anti Virus

Diposting pada 33 views

Tangkal Covid-19, UIN Malang Buat Produk Kabut Anti Virus

Sumber: suryamalang.tribunnews.com

Malang, Warta Batavia– Bermacam hal dilaksanakan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dalam usaha melarang dan menangkal penyebaran virus corona (covid-19). Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang, Sri Harini menjelaskan bahwa pihaknya waktu ini tengah membikin terobosan teknologi menangkal virus dalam bentuk Kabut Anti Virus (KAVi) yang didesain dalam sebuah bilik.

“Bilik KAVi ini amat hemat dan merata, sebab bentuknya bukan spray, tetapi uap atau kabut yang partikel-partikelnya amat kecil,” ucapnya di Malang, Jawa Timur, pada Rabu (25/3).

Menurut Harini, sesuai namanya, KAVi bekerja dalam sebuah bilik yang menyemprotkan kabut hand sanitizer. Air yang disemprotkan telah dalam bentuk kabut sehingga lebih merata, akan tetapi hemat. Untuk membikin alat ini, bahan yang diperkukan meliputi: humidifizer yang dimodifikasi merubah air jadi kabut, bilik pembasmi virus, selang penghubung humidifizer ke dalam bilik, serta 1 liter hand sanitizer dengan kadar alkohol 70%.

Terkait cara membuatnya, ia menerangkan, isi humidifizer dengan 1 liter hand sanitizer 70%. Nyalakan humidifizer tersebut dan masukan selang penghubung ke dalam bilik. seusai kabut masuk dan full maka bilik dapat difungsikan. Sebelum masuk ruangan, pegawai UIN Maliki mesti masuk ke bilik KAVi terlebih dahulu.

“1 liter hand sanitizer dapat dipakai selama 5 sampai tujuh jam. Terobosan ini diprakarsai oleh Dr Imam Tazi, Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang berbarengan maha siswa Jurusan Fisika. Terobosan ini akan kami dorong ke semua Fakultas Sains dan Teknologi PTKIN selaku usaha melarang penyebaran Covid-19,” terangnya.

Baca: Berdasar Simulasi, Pangdam Jaya Menyebut Pasien Positif COVID-19 di Jakarta Dapat Sampai 8.000 Orang

Kecuali itu, pihak UIN Malang juga sudah melaksanakan beberapa usaha lain untuk melarang penyebaran Covid-19 ini. Aksi tersebut di antaranya: sterilisasi kampus dengan penyemprotan disinvektan, produksi massal hand sanitizer, produksi obat dan coklat antioksidan berbahan kelor, dan  kabut penyemprot mobil.  (aw/kemenag/radarmalang).


Tangkal Covid-19, UIN Malang Buat Produk Kabut Anti Virus

loading...
READ
Gubernur Kepri Nonaktif Diganjar Bayar Uang Pengganti Rp4,2 M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *