Teheran: Inggris Cepat Kembalikan Tanker Iran yang Dibajak

Teheran: Inggris Segera Kembalikan Tanker Iran yang Dibajak

Warta Batavia, IRAN – Organisasi Pelabuhan dan Maritim Iran menjelaskan bahwa Inggris diperkirakan akan cepat membebaskan kapal tanker minyak milik Iran yang disita secara tidak resmi bulan lalu di lepas pantai Gibraltar, sesudah ke-2 belah pihak bertukar dokumen tertentu untuk membuka jalan bagi pembebasan kapal supertanker itu.

Berbicara pada konferensi pers pada hari Selasa (13/08), Jalil Eslami, wakil kepala organisasi, menjelaskan bahwa Teheran sudah berusaha untuk mengamankan pembebasan kapal tanker minyak Grace 1, yang disita dengan kargo 2,1 juta barel minyak oleh marinir Inggris di Selat dari Gibraltar pada bulan Juli.

Baca: Kapten Kapal Supertanker Iran: Marinir Inggris Bertindak Secara Brutal

Pejabat itu menjelaskan bahwa London sudah memperlihatkan kesediaan untuk menuntaskan sengketa diplomatik yang sudah pecah antara ke-2 belah pihak atas Perkara ini, menambahkan, “Dokumen-dokumen tertentu sudah dipertukarkan, yang akan membantu menuntaskan problem ini.”

“Kami berkeinginan problem akan diselesaikan dalam waktu tak lama dan bahwa kapal dapat terus berlayar dengan bendera Republik Islam Iran,” katanya.

Baca: VIDEO: Iran Gelar Bazar Karikatur Pembajakan Kapal oleh Inggris

Inggris mengakui bahwa kapal tanker minyak milik Iran ditangkap dengan tudingan menabrak larangan unilateral Uni Eropa kepada Suriah, tetapi laporan memperlihatkan penyitaan itu terjadi atas permintaan Amerika Serikat.

Teheran Tidak mau pengakuan London bahwa kapal tanker itu tengah ke ke Suriah, mengkritik keras penyitaan itu selaku “pembajakan laut.”

Pejabat pelabuhan Iran itu seterusnya menjelaskan bahwa perebutan Grace 1 oleh Inggris berdasar pada argumentasi yang “bias” dan tidak terang.

Kecuali itu pada hari Selasa Reuters mengabarkan bahwa seorang Jubir Gibraltar menjelaskan bahwa wilayah luar negeri Inggris ini tengah berusaha “untuk mengurai problem yang timbul semenjak” penahanan Grace 1. (ARN)

Teheran: Inggris Segera Kembalikan Tanker Iran yang Dibajak by Ahmad Fawas

You might like

About the Author: Ahmad Fawas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *