UI Bantu RS di Depok dan RS Abepura

UI Bantu RS di Depok dan RS Abepura

22 May 2020, 23:30 WIB

Retno Hemawati | Humaniora

DIREKTORAT Pengabdian dan Pemberdayaan Warga (DPPM) UI waktu ini tengah menjalankan penyaluran dukungan baik ke warga umum, maupun ke titik-titik RS yang jadi rujukan pasien Covid-19.

Tindakan ini Adalah bagian dari amanah pengabdian yang dilaksanakan oleh universitas selaku bagian wujud aksi nyata untuk membantu serta mendampingi warga dalam ghirah kebersamaan untuk melarang penyebaran Covid-19. Waktu ini RS masih memerlukan APD (Alat Pelindung Diri) bagi para tenaga kesehatan yang Ada di garda depan dalam usaha melarang penyebaran virus. Keamanan tenaga medis wajib diprioritaskan.

Kecuali menyalurkan dukungan ke RS Universitas Indonesia (RS UI), dukungan APD untuk para tenaga medis juga disalurkan ke RS Tugu Ibu, Depok. Diadukan oleh pihak humas RS Tugu Ibu bahwa mereka sudah menyelenggarakan pemeriksaan rapid test untuk 434 orang, sementara itu dari pemeriksaan tersebut yang dinyatakan positif ialah 30 orang. Adapun rapid test yang dilaksanakan pada tenaga kesehatan sejumlah 76 orang dan yang dinyatakan positif 3 orang. Mereka menjelaskan bahwa akses untuk APD masih jadi rintangan, dan dukungan lembaga seperti DPPM, maupun sumbangan dari warga amat membantu keamanan tenaga kesehatan dalam bertugas.

DPPM UI juga menyalurkan dukungan ke warga di Kelurahan Beji Timur. Sokongan tersebut berupa masker, vitamin, hand sanitizer dan alat-alat kebersihan diri. Kehadiran DPPM UI ke warga Adalah bagian dari tekad bulat untuk mengabdi dan melayani. Bagian bentuk sosialisasi yang kami lakukan ialah pola hidup bersih dan sehat pada masa pandemi ini.

READ
Mensesneg Pratikno dan Seskab Pramono Anung Wakili Menteri Melayat Ibunda Joko Widodo

Kecuali menyalurkan dukungan di kisaran Depok dan Jakarta, DPPM UI juga mengirimkan dukungan ke RSUD Abepura, di Jayapura. RSUD Abepura Adalah RS rujukan untuk pasien Covid-19 di Papua. Mereka mengabarkan bahwa telah merawat dan menyembuhkan lebih dari 30 pasien. Mereka mengumumkan pula bahwa dalam situasi darurat RS masih memerlukan APD untuk para tenaga medis.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Terobosan UI Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris menjelaskan, “Waktu situasi kebencanaan yang butuh kesigapan, universitas melalui program DPPM ialah UI Peduli jadi komponen yang penting dalam melaksanakan pendampingan ke warga yang terdampak Covid-19. Inilah amanah kita, bagaimana keilmuan kita waktu ini difokuskan untuk mengangkat kesengsaraan warga yang dikarenakan oleh pandemi.” (OL-12)




UI Bantu RS di Depok dan RS Abepura

loading...

Recommended For You

About the Author: Hendro Purwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *