Kategori
Berita Islam

UNESCO Tetapkan Pancak Silat Selaku Warisan Budaya Dunia

Warta Batavia, Jakarta – Pada sidang ke-14 di Bogota, Kolombia, Kamis (12/12) waktu setempat, UNESCO sudah menetapkan Pencak Silat selaku Warisan Budaya Tidak Benda (Intangible Cultural Heritage).

Hal ini seperti yang dipublikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdarkan info legal dari UNESCO. Menurut UNESCO, istilah ‘pencak’ lebih dikenal di Jawa, sedangkan istilah ‘silat’ lebih dikenal di Sumatera Barat, yang memperlihatkan adanya banyak kesamaaan dalam seni bela diri.

Walaupun sedemikian, dalam pencak silat, masing-masing wilayah mempunyai gerakan, gaya, iringan, musik, dan peralatan pendukungnya sendiri – meliputi kostum, alat musik, dan senjata tradisional.

Situs legal UNESCO menerangkan, selain aspek olah raga, tradisi pencak silat juga meliputi aspek mental-spiritual, pertahanan diri dan artistik.

Disebutkan, gerakan dan gaya pencak silat amat dipengaruhi oleh bermacam elemen seni, yang melibatkan kesatuan tubuh dan gerakan yang sesuai dengan musik yang menyertainya.

Tradisi pencak silat juga mewajibkan penggunanya untuk menghindari usaha untuk melukai orang lain, dan diinginkan untuk membangun persahabatan, selain ketertiban sosial.

Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Prof. Surya Rosa Putra menjelaskan, pencak silat legal masuk daftar warisan budaya dunia tidak benda UNESCO, seperti diadukan Antara.

Disebutkan dalam sidang tersebut, Ada 42 nominasi untuk diinskripsi selaku Warisan Budaya Tidak Benda, termasuk tradisi pencak silat dari Indonesia.

Surya Rosa Putra menjelaskan, tradisi pencak silat bukan cuma sekedar bela diri, tetapi juga jadi bagian dari jalan hidup bagi para pelakunya.

“Pencak silat mengajarkan kita untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan, sesama manusia dan lingkungan,” katanya.

Sementara itu, Kemendikbud mengungkapkannya dalam akun Instagram Direktorat Warisan Diplomasi Budaya, Jumat (13/12) dini hari.

“Selamat Tradisi Pencak Silat sudah masuk dalam daftar Intangible Cultural Heritage UNESCO 2019,” sedemikian pengumuman dari Kemendikbud.

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){ var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) {return;} js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));

Source link | UNESCO Tetapkan Pancak Silat Sebagai Warisan Budaya Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *