Virus (Selalu) Mutasi Menjadi Lemah?

Virus-Selalu-Mutasi-Menjadi-Lemah.jpeg


Dulu yang saya pelajari, gempa bumi itu ada gempa utama lalu ada gempa susulan. Gempa susulan selalu lebih kecil dari gempa utama. Maka kalau struktur utama sebuah bangunan tetap utuh saat gempa utama, dia akan tahan di gempa susulan.
Itu dulu.

Setelah gempa NTB lalu, kita semua dapat ilmu baru bahwa gempa utama bisa disusul gempa “utama” berikutnya yang ternyata lebih besar dari gempa pertama, bahkan tidak hanya sekali. Gempa berikutnya lagi juga lebih besar. Bangunan yang tahan terhadap gempa pertama, belum tentu tahan dengan gempa berikutnya. Udah berbeda teorinya, kan?

Artinya, ilmu dan sains itu berkembang.

Apa hubungannya dengan judul tulisan ini terkait virus?

Kemarin ada “penikmat” virologi yang sharing bahwa virus itu kalau bermutasi makin lama makin lemah.
Teori lama memang menyebutkan bahwa virus itu kalau bermutasi akan makin jinak. Berdasar itu kita punya harapan bahwa Sarscov2 akan bermutasi makin jinak dari waktu ke waktu. Saya pun berharap begitu.

Ternyata temuan baru menunjukkan bahwa saat ini mutasi Sarscov2 malah menjadi lebih ganas. Lahir varian delta, lalu delta plus. Entah nanti apa lagi.

Bagaimana sikap kita?
Dudukkan persoalan ini dalam kerangka ilmu dan sains. Kita terbuka terhadap temuan/teori baru, seperti halnya ternyata gempa kedua dan ketiga bisa lebih besar dari gempa pertama.

Menjadi tidak sehat ketika kita meletakkan temuan baru itu dalan kerangka teori konspirasi yang penuh prejudice itu. Walhasil ada netizen yang langsung ngomong.. “wah mana mungkin virus manjadi lebih ganas, hoax itu”. Atau.. “itu pasti bukan mutasi, tapi WHO dan John Hopkins yang nyebar virus baru, itu ada postingan di WAG”.

BACA JUGA :   Alhamdulillah! Indonesia Jadi Salah Satu yang Terbaik Tangani Covid di Dunia

Saya menduga, para penikmat virologi pemula itu hanya ambil referensi dari “orang lama” yang tidak terbuka dengan temuan-temuan baru. Lalu buru-buru menyimpulkan atau bahkan ikut berfatwa.

Alim

Sumber: https://www.facebook.com/580599333/posts/10159431624069334/

(Warta Batavia)


Virus (Selalu) Mutasi Menjadi Lemah?

Recommended For You

About the Author: Asep Komarudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *