Kategori
Wisata

Wisata Gunung Tangkuban Perahu yang Legendaris

Wisata Gunung Tangkuban Perahu yang Legendaris

Anda ingin berwisata ke Gunung Tangkuban Perahu di Bandung? Hati-hati, baca dulu ini! Jangan sampai Anda menyesal!

Indonesia Luar Biasa — Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Tangkuban Perahu. Seluruh orang tahu legendanya, seluruh orang kenal Sangkuriang, seluruh orang gandrung dengan kemungkinan keindahan pemandangan alamnya. Rugi sekali rasanya kalau Anda yang mengunjungi ke Bandung, tapi tidak mampir ke objek wisata legendaris milik surga Pertiwi ini.

Pada Peluang kali ini, Indonesia Luar Biasa akan menyajikan artikel soal pariwisata di Bandung, yaitu Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu!

Sumber: https://m.tempo.co

Asal Usul Legenda

Nama Tangkuban Perahu mempunyai asal usul legenda yang jadi pesona tersendiri bagi objek wisata alam yang 1 ini. Kisahnya berawal saat seorang pemuda yang bernama Sangkuriang jatuh cinta ke seorang perempuan cantik yang bernama Dayang Sumbi. Cerita mereka begitu bahagia pada mulanya, sampai pada suatu hari Dayang Sumbi menyadari bahwa Sangkuriang ialah anak kandungnya sendiri. Praktis, itu ialah cinta terlarang. Dayang Sumbi meminta untuk menghentikan hubungan mereka, tapi Sangkuriang bersikukuh untuk meminangnya.

Mengetahui keadaan sebenarnya itu, Dayang Sumbi berusaha mencari-cari argumentasi agar ikatan percintaan terlarang mereka tidak dilanjutkan. Ia membikin persyaratan yang tidak mungkin penuhi oleh Sangkuriang. Sangkuriang diminta untuk membuatkan sebuah perahu dan danau (telaga) dalam waktu semalam dengan cara membendung sungai Citarum. Sangkuriang pun menyanggupinya.

Dalam semalam, Sangkuriang sukses membikin sebuah telaga sesuai dengan apa yang diminta oleh Dayang Sumbi. Akan tetapi, Dayang Sumbi berdoa agar usaha Sangkuriang gagal. Benar saja, sebelum perahu selesai dibuatnya, fajar terbit dan itu menandakan bahwa syarat Dayang Sumbi tidak sukses dipenuhi oleh Sangkuriang.

Merasa amat kecewa dan marah, Sangkuriang mengamuk dan menendang perahu yang belum sempat diselesaikannya itu kuat-kuat, sehingga tertangkub. Lantas legenda menerangkan bahwa perahu yang tertangkub itulah yang jadi gunung yang sekarang dinamai dengan Gunung Tangkuban Perahu.
Baca sumber: wikipedia

Sumber: http://bisbandung.com

Gunung Tangkuban Perahu
Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu terletak di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Ketinggiannya kira-kira kisaran 2048 mpl. Ia termasuk gunung aktif stratovolcano yang mempunyai pusat erupsi yang berpindah-pindah.

Wilayah Wisata ini dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu udara rata-rata saban harinya ialah kisaran 17 derajat calcius pada siang hari, dan jadi amat dingin sampai mencapai 2 derajat celcius di malam hari. Objek Wisata Alam The best di Bandung ini juga mempunyai hutan dipterokarp bukit, Hutan Montane, hutan dipterokarp atas, serta Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Kecuali sebab legendanya yang amat terkenal, Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu sungguh mempunyai pemandangan yang eksotik. Di sana Ada kawah yang amat indah. Pemandangannya tersebut amat cocok untuk Anda yang mempunyai hobi fotografi pemandangan alam untuk hunting. Demikan juga bagi Anda yang ingin refreshing dan berlibur, pemandangan indah dari Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu Adalah bagian jalan penyelesaian yang pas untuk itu.

Akses Ke Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Alamat Komprehensif Gunung Tangkuban Perahu ialah Gunung Tangkuban Parahu, Sukajaya, Lembang, Bandung Barat 40391, Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia.

Untuk mencapai wilayah objek wisata Gunung Tangkuban perahu Anda dapat melalui akses pintu tol Pasteur, kemuduan dilanjutkan ke ke Jl. Dr. Djunjunan – Dari sana Anda berjalan kaki ke Pasirkaliki – lalu melewati Sukajadi – Setiabudi – Lembang lalu sampailah Anda ke tempat target Wisata Gunung Tangkuban parahu. (Akses Gerbang bagian Atas).

Apabila Anda Hadir dari pintu tol Padalarang (lewat akses Cipularang), Anda dapat mengakses arah ke Cimahi. Lantas berbelok ke arah kiri melalui Jl. Kolonel Masturi, dari sana lurus saja ikut jalan Kolonel Masturi sampai pada ujungnya (melalui wilayah kecamatan Cisarua dan kecamatan Parongpong, Kab. Bandung Barat). Teruskan perjalanan sampai Anda menjumpai pertigaan Jl. Raya Lembang, pilih jalan arah kiri dan terus saja ikut jalan, sampai melewati markas Brimob dll. Kalau Anda sudah menyaksikan plang Tahu Tauhid di kiri jalan, artinya kisaran 200 meter lagi Anda akan tiba di Gerbang akses ke ke wisata kawah Gunung Tangkuban Perahu (Ada di kiri jalan).

Sumber: http://anekawisatanusantara.blogspot.com
Sumber: http://trijayatrans.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *