Yang Suka Bid’ahkan Maulidan dan Tahlilan Tidak Pernah Ngaji

Yang Suka Bid’ahkan Maulidan dan Tahlilan Tidak Pernah Ngaji

Gus Mus. Foto: Istimewa.

Islam Nusantara – Akhir-akhir ini banyak orang yang suka membid’ahkan amaliyah-amaliyah Aswaja seperti Maulidan dan Tahlilan. KH Ahmad Mustofa Bisri angkat bicara terkait hal tersebut.

“Orang-orang kan senantiasa membahas jika tidak sudut fiqih, sudut hukum. Itu ya sebab mereka tidak mengaji saja,” ucap Kyai Sepu yang akrab dipanggil Gus Mus tersebut, Sabtu (2/11/2019) dilansir dari NU Online.

Gus Mus menerangkan, amaliyah-amaliyah seperti tahlilan, maulidan, dapat membikin masarakat dapat mengingat Allah dan Rasul-Nya.

“Tahlilan dibilang bid’ah. Itu dia tidak ingat. Orang desa dapat ingat Allah itu sebab tradisi-tradisi seperti tahlilan. Jikalau ini dibid’ahkan lalu orang tidak ada yang tahlilan, wong ada tahlilan saja masih banyak yang lupa Gusti Allah, bagaimana terus jika tidak ada tahlilan?” gamblang Gus Mus.

“Ada peringatan haul saja masih banyak santri yang lupa kepada kyai dan apa yang diajarkan. Lalu bagaimana kalau peringatan haul itu sampai dibid’ahkan?” imbuhnya.

Atas dasar itu, Gus Mus sampai menaruh kecurigaan kepada perilaku orang-orang yang suka membid’ahkan itu. “Jangan-jangan mau merusak ajaran Kanjeng Nabi,” katanya.

Baca Artikel Lainnya:  Awali Aktivitas, Amirul Hajj Turut Senam Ngapak

Dalam kesempatan yang sama Gus Mus juga Menyenggol Menyenggol Soal istilah Islam Nusantara yang masih sering pro kontra. Orang-orang yang sering memperdebatkan Islam Nusantara, kata Gus Mus, ialah mereka yang tidak pernah ngaji. Sehingga menyangka bahwa hal itu Adalah sebuah ajaran baru.

“Orang-orang yang Islamnya masih baru, 10-20 tahun itu tidak tahu, makanya marah-marah sewaktu mendengar istilah Islam Nusantara. Mereka mengira jika Islam Nusantara itu suatu kategorisasi, ini ada Islam Arab, ini ada Islam Nusantara. Itu sebab mereka tidak pernah mengaji, tidak tahu apa itu idhafah,” gamblang Gus Mus masih dilansir dari NU Online. [Islam Nusantara/pin]

Yang Suka Bid’ahkan Maulidan dan Tahlilan Tidak Pernah Ngaji

Yang Suka Bid’ahkan Maulidan dan Tahlilan Tak Pernah Ngaji

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
Close