Yasonna: Mulai 21 Juli Tenaga Kerja Asing Tak Bisa Lagi Masuk RI

Yasonna Mulai 21 Juli Tenaga Kerja Asing Tak Bisa Lagi Yasonna: Mulai 21 Juli Tenaga Kerja Asing Tak Bisa Lagi Masuk RI

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly secara resmi memperlebar pembatasan orang asing yang bisa masuk ke wilayah Indonesia, salah satunya pembatasan tenaga kerja asing di Indonesia. Perluasan ini tertuang dalam Permenkumham nomor 27 Tahun 2021 terkait pembatasan orang asing yang masuk wilayah Indonesia selama masa berlakunya pembatasan kegiatan masyarakat darurat (PPKM Darurat).

Dalam peraturan ini, yang resmi berlaku sejak 21 Juli 2021, tenaga kerja asing yang sebelumnya masuk ke Indonesia sebagai bagian dari proyek strategis nasional tidak bisa lagi masuk ke Tanah Air.

Dalam Permenkumham nomor 27 Tahun 2021, orang asing yang dapat masuk ke wilayah Indonesia hanya pemegang visa diplomatik dan dinas, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap, orang asing berkualifikasi medis. dan keperluan kemanusiaan serta awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya,” kata Yasonna dalam siaran pers, Rabu (21/7/2021).

“Oleh karena itu, tenaga kerja asing yang sebelumnya masuk sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau karena alasan serikat pekerja keluarga tidak dapat lagi masuk ke Indonesia seperti yang dipersyaratkan dalam peraturan ini. dilakukan dalam rangka penanggulangan penyebaran COVID-19,” ujarnya.

Permenkumham ini sekaligus menggantikan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Penyesuaian Kebiasaan Baru. Di sisi lain, Yasonna mengatakan, orang asing yang dibebaskan dari Permenkumham pun membutuhkan rekomendasi dari kementerian/lembaga terkait untuk masuk ke Indonesia.

“Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021 tidak lepas dari koordinasi yang baik antara saya dengan Menteri Luar Negeri Ibu Retno Marsudi. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 27 Tahun 2021 tidak bisa mengabaikan kesepakatan dengan Kementerian Luar Negeri dan jajarannya. perubahan Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020 juga melibatkan staf Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perhubungan,” kata Yasonna.

“Juga akan ada koordinasi dengan kementerian atau lembaga yang berkompeten mengenai orang asing yang masih bisa masuk ke Indonesia dengan aturan baru, misalnya koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri jika ada diplomat yang ingin masuk ke Indonesia sesuai dengan tugasnya. Adapun orang asing yang masuk karena alasan kesehatan dan keselamatan, perikemanusiaan sebagaimana dimaksud dalam Permenkumham nomor 27 tahun 2021 harus terlebih dahulu mendapat rekomendasi dari kementerian atau lembaga yang menjalankan fungsi penanganan COVID-19”, tegas dia di kalangan politik PDI-P.[detik.com]
BACA JUGA :   Menaker Ida Tegaskan Komitmen Pemerintah Lindungi Pengusaha dan Pekerja


Yasonna: Mulai 21 Juli Tenaga Kerja Asing Tak Bisa Lagi Masuk RI

Recommended For You

About the Author: Hendro Purwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *